Gunung Indonesia dengan Jalur Pendakian Ekstrem

Sebuah Aktivitas pendakian gunung beberapa tahun ini menjadi salah satu kegiatan yang sangat ramai dipenuhi oleh berbagai kalangan, terutama untuk gunung-gunung dengan trek yang terbilang cukup landai dan bersahabat, pastinya tidak pernah sepi dari pendaki. Indonesia sendiri sangat terkenal dengan deretan pegunungannya yang juga sangat indah. Bahkan keindahannya tersebut sudah terdengar hingga ke berbagai mancanegara. Selain pendaki yang dari dalam negeri, pendaki yang berasal dari mancanegara juga terlihat sering berdatangan untuk dapat berkunjung ke beberapa gunung yang ada di Tanah Air.

Gunung Indonesia dengan Jalur Pendakian Ekstrem

Setiap gunung yang ada di Indonesia sejatinya mempunyai karakter dan juga mempunyai keunikannya masing-masing. Mulai dari ketinggiannya, struktur, vegetasi, hingga bahkan jalur pendakiannya yang juga sangat bervariasi. Selain dikenal dengan pemandangannya yang sangat indah, sejumlah pegunungan yang ada di Indonesia juga terkenal akan jalur pendakiannya yang masih sangat sulit.

Ada beberapa yang bahkan tidak bisa didaki oleh sembarang orang, dibutuhkan sebuah pengalaman serta juga dibutuhkan sebuah keahlian khusus untuk dapat melewati alam liarnya. Nah, kalau anda cukup tertantang untuk dapat mendaki gunung dengan medan yang cukup sulit, berikut ini adalah rekomendasi gunung yang ada di Indonesia yang memiliki jalur pendakian yang sangat ekstrem. Jika anda merasa bosan dengan jalur gunung yang selalu bisa ditaklukan, maka tidak ada salahnya untuk mencoba mendaki beberapa gunung yang dengan jalur pendakian yang cukup ekstrim yang akan kita bahas di bawah ini.

1. Gunung Binaiya

Gunung tertinggi di Maluku ini masih sangat asri dan juga masih sangat sepi dari pendaki, karena dikenal mempunyai track yang sulit. Medan menuju pos satu saja sudah dipenuhi dengan berbagai macam tumbuhan berduri dan juga hutan yang rapat. Selanjutnya, medan sulit yang akan ditemui berupa tanjakan yang cukup terjal dengan kemiringan yang mencapai 90 derajat, naik bukit dan juga turun lembah yang penuh dengan bebatuan tajam. Tapi semuanya akan dapat terbayarkan saat nantinya anda tiba di puncak yang menyuguhkan pemandangan eksotis Binaiya dengan view Pulau Seram yang indah.

2. Gunung Raung

Gunung Raung menjadi ikon gunung yang paling ekstrem yang ada di Pulau Jawa. Segimana ekstremnya kah gunung ini ? Di sini anda tidak akan menemukan sumber mata air. Puncak Sejati Raung bisa dilalui dengan cara menggunakan peralatan panjat tebing yang cukup memadai, karena sepanjang jalur menuju puncaknya akan dikelilingi oleh berbagai tebing curam sekitar 75 derajat serta kanan kirinya terdapat jurang dengan kedalaman puluhan meter. Perlu persiapan yang cukup matang dan guide lokal jika anda berniat menaklukkan Raung.

3. Gunung Latimojong

Bagian salah satu seven summit yang ada di Indonesia, menaklukkan Gunung Latimojong menjadi salah satu impian dari para pendaki. Trek awal pendakian memang cukup bersahabat, tapi dari pos enam sampai dengan puncak Rante Mario yang nantinya akan anda temui berupa tanjakan curam, trek yang berliku, bebatuan cadas tajam. Hal tersbeut yang nantinya akan sangat menguras tenaga. Perlu stamina ekstrak untuk anda jika ingin mendaki gunung ini.

4. Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser yang memiliki banyak satwa alam ini juga memang jarang sekali dipakai, selain karena banyaknya binatang buas yang ada di Leuser, pendakian menuju puncaknya pun paling cepat memakan waktu kurang lebih selama 7 hari, belum dengan waktu turunnya! Hutan yang lebat serta trek yang sangat panjang dan menanjak akan sering ditemui di gunung ini. Sangat disarankan untuk anda nantinya memakai jasa guide demi keselamatan dan juga demi keamanan.

5. Puncak Jaya atau Carstensz

Gunung Carstensz yang berada di Papua adalah salah satu gunung paling ekstrem yang ada di Indonesia. Dengan ketinggian yaitu 4.884 mdpl, jalur pendakian yang nantinya akan ditemui adalah batuan tebing yang sangat terjal, dan cuaca ekstrem karena di Carstensz ada salju abadi, hujan badai, dan juga panas terik. Gunung ini diperuntukan hanya untuk mereka para pendaki yang sudah handal dengan mental yang cukup kuat untuk. Untuk melakukan pendakian paling cepat membutuhkan waktu selama 14 hari.

6. Gunung Cartenz, Papua

Menjadi gunung tertinggi yang ada di Indonesia, Gunung Cartenz termasuk salah satu dari gunung yang memiliki medan pendakian yang cukup ekstrim. Dengan ketinggian yang mencapai 4.884 mdpl, puncak Cartenz adalah satu-satunya tempat yang ada di Indonesia yang diselimuti oleh salju abadi.

Udara dingin tentunya akan jadi kendala terbesar bagi para pendaki yang nantinya ingin pergi ke sana. Bayangkan, di lereng gunungnya saja suhunya bisa mencapai 10 derajat celcius. Semakin dekat dengan puncak gunung, maka suhunya sendiri bisa sampai 0 derajat celcius. Oksigen yang sangat tipis membuat pendaki harus berhati-hati pada saat mendaki sebab hal ini bisa membuat seseorang mudah terkena hipotermia nantinya.

7. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci menjadi gunung tertinggi yang ada di Sumatera dengan tinggi mencapai 3.805 mdpl. Gunung ini juga masih termasuk ke dalam bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Hewan buas seperti halnya harimau Sumatera jadi ancaman bagi para pendaki yang ingin menaklukan Gunung Kerinci. Biasanya, harimau tersebut akan banyak ditemukan di bawah tebing di dalam ketinggian 1.500 mdpl.

Selain hewan buas, udara yang sangat dingin serta trek yang juga cukup terjal tentu menjadi sebuah kendala bagi para pendaki. Angin pegunungan yang juga kerap menghampiri membuat para pendaki mudah lelah dan mudah menggigil. Tak jarang hujan es juga sering terjadi sehingga hipotermia menjadi sebuah hal yang patut diwaspadai.

8. Gunung Bukit Raya, Kalimantan Tengah

Dibandingkan dengan gunung-gunung yang sudah disebutkan sebelumnya, Gunung Bukit Raya memang bukan gunung favorit di Indonesia. Bahkan masih jarang pendaki yang berkunjung ke gunung ini. Ketinggiannya memang hanya 2.278 mdpl, namun jalur pendakiannya dari gunung ini yang tidak boleh dipandang sebelah mata.

Dibutuhkan stamina yang kuat cukup, keahlian lebih, dan perlengkapan yang memadai untuk dapat melewati segala tantangan yang ada di jalur pendakian Gunung Bukit Raya ini. Jalur pendakiannya juga masih berupa hutan hujan tropis yang sangat rapat, lumut, semak-semak, dan juga tanah yang lembap. Belum lagi banyaknya pohon tumbang yang akan anda temui di sepanjang jalur pendakian, jadi anda harus siap-siap merangkak dan juga memanjat.

Demikian itulah beberapa gunung yang ada di Indonesia yang memiliki jalur pendakian ekstrem, gunung tersebut beberapa di antaranya masih jarang digunakan sebagai trek pendakian. Namun jika anda ingin menaklukan gunung tersebut maka tidak ada salahnya, tapi anda juga harus mempersiapkan semua halnya dengan sangat matang karena trek yang akan anda lalui akan jauh lebih ekstrim.